News Single

Manfaat dari sepak bola yang didapatkan oleh penontonnya baik secara langsung maupun lewat televisi

27 October 2020 08:56
by: Info FIBO
106 Views

Rupanya setiap reaksi yang timbul ketika kita menonton sepak bola dapat menambah kesehatan otak.

Dilansir dari BolaStylo, berikut beberapa manfaat atau dampak positif dari menonton sepak bola bagi kesehatan.

 

1. Mempertajam ingatan

Menurut Huffington Post, Alistair Burns selaku direktur departemen Demensia di NHS (Biro pelayanan kesehatan di Inggris seperti BPJS Indonesia) mengatakan bahwa menonton sepak bola bisa membuat saraf otak terangsang dan membentuk ingatan emosional.

"Menonton sepak bola menjaga otak tetap aktif dengan terus merangsang saraf otak bekerja membentuk ingatan emosional," ujarnya.

Maksudnya, setiap penonton sepak bola yang kerap kali terlibat dalam perasaan emosi maupun bahagia saat menyaksikan klubnya, menyebabkan otak ikut menyimpan apa yang kita rasakan dan mengolahnya sebagai ingatan atau kenanangan spesifik.

Perasaan bahagia, marah, atau sedih akan disimpan dalam amigdala yang menjadi pusat kontrol emosi.

Sementara itu, setiap elemen yang membentuk suatu memori (misalnya di mana, pertandingan apa, dan bersama siapa Anda nonton bola) akan disimpan di dalam hipocampus.

Dua pusat kontrol emosi ini merupakan bagian otak yang saling berhubungan, sehingga dalam prosesnya akan menciptakan ingatan emosional.

Ingatan emosional adalah salah satu dari dua jenis memori utama dalam otak manusia yang bisa diputar kembali sewaktu-waktu ketika Anda merasakan emosi yang serupa di kemudian hari, dan lebih kuat daripada memori biasa.

 

2. Kenangan menonton tersimpan kuat oleh otak

Ingatan emosional terbukti lebih kuat ketimbang memori biasa, karena otak Anda mengaitkannya dengan momen pertandingan yang menegangkan atau membanggakan.

Bahkan ingatan emosional ini sangat kuat menempel di otak sehingga Anda bisa mengingat kembali setiap momen spesifik secara sengaja maupun tidak hingga bertahun-tahun setelahnya.

Hal ini dibuktikan dengan banyak orang yang bisa mengingat secara detil momen-momen yang terjadi pada Piala Dunia maupun pertandingan lain sebelumnya.

 

3. Jauh dari risiko depresi dan demensia saat tua

Alistair Burns kemudian menjabarkan teori-teori itu bahwa ketika Anda mengingat suatu momen yang spesifik, otak akan langsung bersamaan mengaktifkan emosi yang terkait dengan hal tersebut.

Sebagai contoh, mencoba mengingat atau menonton kembali siaran ulang pertandingan sepak bola akan membangkitkan emosi yang sama sewaktu pertama kali mengalaminya.

Nonton sepak bola dapat membantu Anda menanam ingatan emosional dan memungkinkan otak untuk mengaktifkan momen masa lampau lagi di masa depan.

Para peneliti mengungkap bahwa kemampuan memutar kembali ingatan positif dapat mencegah risiko kemunculan demensia di masa tua atau bahkan mengurangi tingkat keparahannya.

Selain itu, kemampuan memutar kembali kenangan bahagia sehabis nonton sepak bola juga bisa mencegah risiko depresi dan kesepian di usia lanjut.

About The Author

author image
Info FIBO

Contact me : info@fibo.id

Download
Facebook
Youtube
Instagram
Whatsapp